Bentuk Dari Depresi Dan Penyebab Nya

Bentuk Dari Depresi Dan Penyebab Nya

Bentuk Dari Depresi Dan Penyebab Nya

Bentuk Dari Depresi Dan Penyebab Nya – Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang dapat memengaruhi perasaan, cara berpikir ataupun cara bertindak seseorang. Gejala depresi yang sangat paling umum terjadi yaitu merasakan kesedihan. Atau juga kehilangan nya minat dalam melakukan berbagai aktivitas yang telah biasa dilakukan.

Kondisi ini tentu nya dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik yang berkelanjutan. Efek dari depresi pun dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama atau dapat terulang. Dan juga mampu mepengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani aktivitas nya. Gangguan kesehatan juga dapat memburuk seiring berjalan nya waktu dan dapat bertahan lebih lama jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Berbagai Bentuk Dari Depresi

Depresi pun bisa terbagi ke dalam berbagai jenis. Yang mana jenis ini berdasarkan dengan tingkat keparahan nya dan juga apa yang menjadikan penyebab nya. Dan jenis tersebut seperti :

  • Depresi Mayor

Jenis gangguang yang mana gejala yang muncul dapat berupa perasaan yang sedih, hilangnya minat dan juga gejala yang pada umum nya. Kondisi ini dapat muncul di setiap waktu dan juga bisa berlangsung sekitar 2 minggu bahkan juga lebih.

  • Distimia

Distimia merupakan gejala depresi yang kronis. Jenis ini akan terjadi dalam waktu yang lebih lama, bahkan mungkin akan mencapai 2 tahun.

  • Gangguan Suasana Hati

Masalah suasana hati yang dapat muncul dengan gejala berupa perubahan suasana hati dan juga emosi yang dapat terjadi secara drastis. Ketika sudah mengalami masalah akan kesehatan mental ini maka seseorang bisa berada di fase mania atau yang disebut dengan senang secara berlebihan. Dan juga perasaan sedih beserta putus asa.

  • Depresi Postpartum

Jenis ini akan sangat umum terjadi pada wanita yang baru saja melalui proses persalinan. Kondisi ini akan muncul dnegan gejala depresi mayor di dalam waktu yang kurang lebih 1 tahun setelah proses persalinan.

  • PMDD

Gangguan mental yang identik akan terjadi pada wanita. Gejala ini akan terlihat 1 minggu sebelum hari menstruasi datang dan akan menghilang saat hari tersebut tiba. Akan tetapi gangguan ini tidaklah sama seperti gejala dari PMS.

  • Depresi Atipikal

Untuk jenis ini biasanya akan muncul dengan beberapa gejala yang tidak khas. Seperti kenaikan berat badan yang secara tiba tiba, menjadi lebih banyak tidur, penolakan dan juga kesedihan yang dialami secara berlebihan. Dan semua gejala ini akan mereda saat pengidapnya mengalami sebuah kejadian atau mendapatkan suasana yang positif.

  • Psychotic Depression

Suatu kondisi gangguan mental yang akan muncul pada seseorang saat mengalami depresi parah dimana akan bersamaan dengan gejala psikotik. Seperti delusi, halusinasi, dan juga masalah pada pola pikir.

Berbagai Penyebab Dari Depresi

Penyebab dari kesehatan mental ini dapat terjadi karenan beberapa faktor pemicu nya, seperti :

  • Masalah Biologis

Seseorang yang mengidap depresi kemungkinan akan mengalami perubahan fisik yang terjadi pada otak. Akan tetapi tingkat signifikan dari perubahan ini terjadi tidak pasti. Meskipun pada akhirnya bisa membantu dalam menentukan sesuatu yang mana akan menjadi penyebabnya.

  • Gangguan Pada Otak

Bahan kimia pada otak Neurotransmitter yang mana dibentuk secara alami tentu nya memiliki peran untuk terbentuknya gejala depresi. Jika terjadi perubahan pada fungsi maka efek dari neurotransmitter dapat memengaruhi suasana hati sehingga akan berdampak pada tingkat depresi seseorang.

  • Gangguan Hormon

Perubahan dan gangguan pada keseimbangan hormon bisa menjadi pemicu terjadi nya depresi. Hal utama dapat terjadi saat masa kehamilan, beberapa minggu atau beberapa bulan setelah masa lahiran. Atau juga dapat terjadi saat mengalami masalah tiroid, menopause dna juga berbagai kondisi lain nya. Yang mana memiliki resiko tinggi pada depresi.

  • Penyakit Keturunan

Jenis masalah pada kesehatan mental ini berisiko akan terjadi pada seseorang dengan keluarga kandung yang mengalami masalah serupa. Ahli pun menyebutkan bahwa gen bisa memengaruhi resiko dari penyebab terjadi nya depresi.

  • Peristiwa Kehidupan

Mengalami stres akibat kematian orang tersayang atau orang terdekat, trauma, isolasi atau juga kurang nya dukungan bisa menjadi penyebab depresi.

  • Kondisi Medis Tertentu

Rasa sakit atau juga penyakit fisik yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan depresi. Pengidap akan penyakit kronis seperti sakit diabetes, kanker, ataupun penyakit Parkinson menjadi jauh lebih rentan untuk mengalami depresi.

  • Obat – Obatan

Beberapa jenis obat tentu nya akan memiliki efek samping depresi. Seperti alkohol dan juga narkoba bisa menyebabkan depresi atau juga dapat memperburuk nya jika seseorang sudah mengalami depresi sebelum nya.

  • Kepribadian

Seseorang yang sangat mudah mengalami kewalahan atau pun yang mengalami kesulitan dalam mengatasi setiap situasi tertentu tentu akan menjadi lebih rentan terkena depresi.

Komplikasi Akibat Depresi

Depresi merupakan sebuah gangguan kesehatan mental yang harus dianggap serius. Yang mana ini bisa berakibat fatal untuk setiap pengidapnya ataupun keluarga. Gangguan ini pun akan menjadi lebih buruk jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Sehingga akan mengakibatkan masalah emosional, perilaku dan juga kesehatan yang bisa mempengaruhi kehidupan.

Dan beberapa komplikasi ini dapat termasuk :

1. Kelebihan berat badan atau obesitas. Yang mana ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga diabetes.

2. Penyakit fisik.

3. Penyalahgunaan obat terlarang.

4. Gangguan panik, kecemasan dan juga fobia pada lingkungan sosial.

5. Dapat menimbulkan konflik antar keluarga, kesulitan dalam berhubungan baik dalam perkerjaan atau lingkungan sekitar.

6. Keinginan untuk melakukan bunuh diri.

7. Keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

8. Kematian dini akibat dari berbagai kondisi medis.