Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mental – Terdapat berbagai macam faktor. Yang bisa memengaruhi sebuah kondisi kesehatan mental pada seseorang. Yang mana ini dapat dimulai dari faktor keturunan. Memiliki trauma yang terjadi di masa lalu, mengalami pelecehan seksual ataupun fisik, memiliki gaya hidup yang tidak sehat, hingga mengalami cedera yang terjadi pada otak. Bisa dilihat dari gejala nya, penyakit mental dibagi menjadi dua jenis. Yaitu psikotik dan juga nonpsikotik.

1. Jenis Psikotik

Penyakit mental jenis psikotik atau juga bisa disebut psikosis merupakan kondisi mental yang membuat setiap penderitanya akan sulit untuk dapat membedakan realita dan juga sering mengalami halusinasi. Halusinasi ini dalam hal melihat atau pun mendengar sesuatu yang tidak ada. Dan juga para penderita jenis psikotik ini juga akan percaya terhadap hal yang sebenar nya tidak benar atau juga disebutkan dengan delusi.

Adapun macam macam contoh penyakit mentak jenis psikotik yaitu :

  • Gangguan Depresi Berat
  • Gangguan Delusi
  • Skizofrenia

2. Jenis Nonpsikotik

Penyakit mental dengan jenis nonpsikotik tidak membuat setiap penderitanya mengalami gangguan realita seperti jenis psikotik. Untuk jenis nonpsikotik ini setiap penderita nya ini biasanya akan mengalami gangguan pada perasaan. Atau juga memiliki pemikiran yang tidak sesuai dengan hukum dan juga norma yang berlaku. Penyakit ini tentu nya sudah berhubungan erat dengan stres dan juga trauma.

Berbagai macam contoh penyakit mentak jenis psikotik yaitu :

  • Depresi
  • Phobia
  • Gangguan Kecemasan
  • Serangan Panik
  • OCD

Pencegahan Terjadi nya Gangguan Kesehatan Mental

Berbagai hal bisa dilakukan untuk mencengah terjadinya gangguan kesehatan jiwa ini, seperti :

  1. Melakukan Aktivitas Dan Tetap Aktif Secara Fisik
  2. Membantu Sesama Atau Orang Di Sekitar nya Dengan Tulus
  3. Selalu Memiliki Pikiran Yang Positif
  4. Mempunyai Kemampuan Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Ynag Datang
  5. Selalu Menjaga Hubungan Yang Baik Dengan Sesama
  6. Mendapatkan Cukup Waktu Untuk Beristirahat
  7. Mencari Bantuan Profesional Jika Membutuhkan nya

Yang Bisa Dilakukan Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Mental

Tentu saja tidak hanya menyangkut kesehatan fisik, akan tetapi kesehatan mental juga tentu saja perlu diperhatikan dan juga dijaga. Menjaga mental ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika kondisi mental sehat, maka tentu saja dapat menjalani aktivitas yang dijalani setiap hari dengan kondisi yang baik. Dapat menjalin hubungan yang sehat dengan sesama, dan juga dapat lebih produktif dalam hal belajar atau pun bekerja.

Adapun menurut WHO yang merupakan badan kesehatan dunia yang mana menyebutkan bahwa seseorang dapat dikatakan sehat secara mental, jika mampu menyadari kemampuannya. Dapat menangani stres yang terjadi di dalam kehidupan sehari hari, melakukan pekerjaan dengan lebih produktif, dan juga menjadi semakin berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental bagi masing masing orang. Seperti diantara nya yaitu :

  • Menghargai Diri Sendiri

Hal pertama yang mungkin dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan mental seperi dapat dimulai dengan menghargai diri sendiri. Selalu membiasakan diri untuk selalu memperlakukan ataupun melihat diri sendiri secara positif. Lakukan lah berbagai macam hal yang dapat membuat diri sendiri menjadi lebih bahagia. Seperti contoh bisa dengan meluangkan waktu untuk melakukan hobi dan juga memiliki waktu untuk diri sendiri.

Bersyukur lah pada hal hal baik yang sudah terjadi dalam hidupmu walaupun itu hanya hal kecil saja. Hal ini tentu nya juga dapat membantu untuk dapat menghargai diri sendiri. Dan juga sebaik nya hindari untuk terlalu sering dalam menyalahkan diri sendiri ataupun membandingkan diri dengan orang lain.

  • Mengelola Stress Dengan Benar

Stress tentu saja sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari. Sehingga tentu saja hal ini tidak mungkin dapat dihindari. Walaupun demikian tentu saja perlu belajar untuk dapat memahami dan mengelola stress dengan benar. Cara umum yang bisa dilakukan seperti diantara nya yaitu dengan berjalan santai di luar, menonton film kesukaan, mendengarkan lagu. Atau juga dapat menuangkan dan menulsikan semua akan kejadian sehari hari yang dilalui di dalam sebuah buku harian. Dengan melakukan itu tentu saja akan membuat pikiran lebih tenang. Sehingga dapat membuat hidup menjadi lebih positif. Hal baik nya mungkin stress yang dialami akan mereda.

  • Mengakui Perasaan Dan Berbagai Emosi Yang Negatif

Merasakan perasaan yang negatif seperti sedih, kekecewaan, atau amarah tentu saja merupakan hal yang sangat normal. Akan tetapi untuk dapat melewatinya diperlukan untuk mengenali dan juga berani untuk mengakui perasaan tersebut.

Jika sudah mampu dalam mengenal dan juga mengakui perasaan negatif yang sedang dialami, maka perlu untuk segera meredakannya dengan berbagai cara yang positif. Seperti misalnya dengan cara bermeditasi. Dengan melakukan itu, emosi dan perasaan negatif itu tentu nya tidak akan berlarut larut yang mana ini dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan.

  • Menyayangi Tubuh Sendiri

Kesehatan mental tentu nya mungkin akan bergantung pada cara masing masing pribadi dalam merawat dan menyayangi diri sendiri. Pastikan untuk cukup tidur dan juga mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Seperti nasi, sayuran, buah, kacang kacangan, biji bijian, ikan, ataupun daging tanpa lemak. Dan juga jangan lupa untuk selalu rutin dalam berolahraga. Hindari akan kebiasaan yang buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, ataupun dengan mengkonsumsi obat terlarang seperti narkoba.

  • Memelihara Hubungan Yang Baik Antar Sesama

Memiliki hubungan sosial yang baik sudah terbukti akan lebih ampuh untuk dapat mengatasi stress. Sehingga akan mampu dalam memelihara kesehatan baik fisik ataupun mental. Luangkan lah waktu bersama dengan keluarga, sahabat ataupun orang orang yang terdekat. Juga dapat mencoba untuk mengikuti berbagai kegiatan yang baru. Sehingga mempunyai kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru dari berbagai kalangan.